WARNA WARNI

Mengapa Orang Barat Tidak Suka Buah Durian ?

Bagi masyarakat Indonesia, Malaysia, dan beberapa negara asia tenggara, durian disebut sebagai rajanya buah. Aromanya yang khas, daging buahnya yang empuk, serta sensasi rasanya yang luar biasa, adalah alasan pemberian gelar itu. 

Seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (4/2/2014), durian selama ini dianggap buah raja oleh sebagian besar penduduk si wilayah Asia Tenggara. Durian terkenal karena baunya yang tajam dan kulit runcingnya.

Durian memiliki aroma unik yang membuat orang Indonesia tidak sabar ingin menyantapnya! Namun, untuk orang barat, durian dinilai memiliki aroma aneh bahkan durian dianggap buah paling bau. Pendapat mereka pun kocak. Ada yang berpendapat bahwa setelah mereka makan durian, napas mereka jadi bau seperti habis berciuman dengan nenek-nenek yang sudah meninggal. Kalau di scene film ‘Eat Pray Love’, aroma durian dibilang mirip seperti bau kaki nenek-nenek. 

Jurnalis Amerika Serikat dari abad 19 bernama Bayard Taylor malah pernah menulis, “Memakannya seperti mengorbankan harga diri.” Keburukan lain soal durian juga pernah disebutkan chef dan pembawa acara memasak, Anthony Bourdain. Menurutnya memakan durian akan mengakibatkan nafas yang sangat bau

Pemenang Masterchef Inggris Tim Anderson mengaku pertama kali mencoba durian saat bertandang ke Thailand. Meski baunya sangat mencolok, dia mengaku durian memang sangat manis.

“Baunya sangat aneh, seperti adonan bawang dan daging. Beberapa orang malah menyebut aromanya seperti tikus mati. Aromanya memang menyengat, tapi rasanya sangat manis,” ungkap Anderson

Dengan segala kebencian seperti itu, ternyata bisa disimpulkan bahwa aroma menjadi alasan mengapa durian sangat dibenci oleh para “bule”. Aroma kuat dari durian ternyata mulai diteliti oleh para pakar sejak tahun 1970-an.

Meskipun orang barat/bule tidak suka durian, kita masyarakat Indonesia harus tetap bangga punya buah raja seperti durian. Aneh tapi nyata kan ada yang tidak suka dengan durian.. ?  Hehehe..

Related Images:

Related posts

Leave a Comment

error: Maaf, Beberapa Konten Kami Proteksi.. Silahkan Pilih Contact atau Chat Kami Sekarang
WhatsApp chat