NEWS

LPK Anugrah Batik Tenun Siantar Dipasarkan Hingga Thailand

Pematangsiantar, LPK ANugrah, Jalan Halilintar No. 6 Kota Pematangsiantar sudah memiliki 34 Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang setiap tiga hari sekali bisa memproduksi 68 potong kain bermacam-macam motif seperti ulos. Hal ini diungkapkan H Panjaitan seorang perajin tenun siantar kepada SIB, Kamis (10/3) sore.

Dikatakan, membuat songket dan batik tenun Siantar bermacam- macam motif yang dibuat sesuai dengan pesanan para pembeli, namun rata-rata memesan motif ulos Simalungun, Toba bahkan Karo. Kain tenun bermotif ulos dari Toba yakni Ulos Sadam sudah dimodifikasi agar lebih cantik tampilannya. Hotnawinda menambahkan tenun bermotif ulos ini tidak ada dipasarkan di Pasar Horas maupun Dwikora Parluasan.

Para pembeli datang kemari untuk memesan sesuai permintaan dan kesukaan mereka. Songket dan batik tenun Siantar ini sudah dikenal sampai ke Thailand. Bahkan mereka datang langsung kemari untuk memesan, katanya.

Ditanya SIB seputar bahanbahan yang dipakai, Hotnawinda mengatakan dari katun, semi sutera dan sutera sedangkan warna motif tergantung pesanan para pembeli. (C10/q).

 

Sumber : Harian SIB

Related Images:

Related posts

Leave a Comment

error: Maaf, Beberapa Konten Kami Proteksi.. Silahkan Pilih Contact atau Chat Kami Sekarang
WhatsApp chat