WARNA WARNI

Kamu Mau Jual Produk, Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini Dalam Strategi Pemasaran Produk

Strategi Pemasaran Merupakan suatu rencana keseluruhan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
Penentuan strategi pemasaran ini dapat dilakukan oleh Manager Pemasaran dengan membuat tiga macam keputusan yaitu :
1. Memilih Konsumen yang dituju.
2. Mengindentifikasi keinginan konsumen dengan cara riset pemasaran.
3. Menentukan marketing mix, yaitu :
Produk, Harga, Distribusi, Promosi dan Service.

Faktor – Faktor Lingkungan  : 

– Demografi
– Kondisi Perekonomian
– Sosial
– Kebudayaan
– Politik
– Perundang- undangan
– Teknologi
– Persaingan dan Kekuatan serta Kelemahan organisasi.

1. Produk 

Sesuatu yang dapat ditawarkan guna memasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen.

– Jenis Barang
– Merek
– Desain
– Warna
– Ukuran
– Kemasan
– Rasa
– Aroma
– Pesan Grafis.

 # Fungsi Merek

1. Tanda pengenal untuk membedakan
hasil produksi yang dihasilkan.
2. Sebagai alat promosi.
3. Sebagai jaminan atas suatu barangnya.
4. Menunjukkan asal barang / jasa yang
dihasilkan.

# Warna

~ Warna memberi kekuatan pada suatu kemasan.
~ Warna merupakan sumber simbol bagi konsumen, atribut produk dan identitas merek.
~ Warna dapat menarik perhatian konsumen.
~ Menanamkan citra merek pada pembeli.
~ Mencerminkan isi dan harga suatu produk.

# Kemasan

~ Kemasan menampilkan produk itu sendiri.

~ Kemasan membungkus produk itu sendiri.

~ Kemasan menyimpan dan melindungi produk didalamnya.

~ Kemasan menjelaskan produk didalamnya. 

Dan yang terpenting dalam kemasan Produk Harus : Unik, Kasat Mata, Menarik, Atraktif (Eye Catching). Dalam Proses Kemasan, Harap si penjual produk tidak mengabaikan unsur-unsur berikut : 

  • Bentuk
  • Merek/Logo
  • Nama produk
  • Pesan-pesan grafis.

 

# Desain / Bentuk 

Dalam merancang desain / bentuk produk kita harus memperhatikan Corak dan sentuhan pada desain kemasan karena itu berarti
menunjukkan isi dari suatu merek produk, peran desain juga sangat berperan penting dalam menarik perhatian konsumen. Desain harus memiliki fungsi yang mengandung faktor ergonomi (mudah dibawa, mudah dikeluarkan isinya, dapat ditutup kembali, mudah ditumpuk, mudah disimpan).

# Pesan-pesan Grafis

^ Tampilan grafis  untuk memberi informasi yang jelas tentang jenis produk, isi dan cara pemakaian kepada para konsumen.

^ Pada prinsipnya pesan grafis pada kemasan  bervariasi, bergantung pada informasi penting apa dan siapa target dari informasi tersebut. 
^ Pesan seperti apa yang harus diberikan sebagai bagian dari strategi produk,  lalu kembangkan desain untuk mengkomunikasikan pesan secara efektif.
^ Pesan-pesan yang berbentuk grafis harus memiliki kepribadian yang jelas/unik dalam bentuk yang lengkap.

# Syarat-syarat Kemasan 

1. Mampu Menarik Pembeli dengan cara Membangun kepercayaan & keinginan pembeli

2. Menampilkan Produk Siap Jual Sesuai sasaran konsumen
Dalam menampilkan produk, kita harus tau sasaran produk kita berdasarkan :
* Usia
* Jenis kelamin
* Etnis

3. Informatif dan komunikatif

Identitas Perusahaan
Indentitas produk
Keunggulan produk
Cara penggunaan
Potensi bahaya dan penangulangannya
Rasa
Tipe
Warna
Jenis
Ukuran

4. Mampu Ciptakan Permintaan

Di Eropa, 74% orang diperkirakan mengambil keputusan untuk membeli produk secara spontan pada saat berada di swalayan.
Oleh karenanya diperlukan bentuk kemasan yang unik.

2. Harga (Price)

~ Murah ( Minimal sama dengan pesaing )
~ Berhadiah
~ Potongan – potongan.
~ Karena membayar lunas
~ Membeli banyak
~ Membeli di luar musim.
~ Terjangkau pembeli
~ Pengusaha laba

Cara Menentukan Harga Jual Suatu Barang

  1. Biaya – Biaya Pembelian Bahan Rp Xxx
  2. Biaya Tenaga Kerja Rp Yyy
  3. Biaya Lain ( Mesin Kalau Ada ) Rp Zzz
  4. Biaya Pokok Barang = X+Y+Z
  5. Keuntungan 10% – 20% = 20% x ( X+Y+Z)
  6. Harga Jual = ( X+Y+Z) + 20%
    = ( X+Y+Z)

3. Place / Distribution ( Penyaluran )

Kebijaksanaan menetapkan tempat / distribusi dilaksanakan dalam upaya mendekatkan produk dengan konsumen akhir. Faktor-Faktor yang mempengaruhi penentuan tempat / distribusi diantaranya :

» Jumlah Penduduk
» Tingkat Pendapatan
» Budaya Masyarakat
» Pesaing Bisnis
» Jenis Produk

4. Promotion / Promosi

Suatu kegiatan perusahaan untuk mengenalkan produk menarik agar konsumen mau melakukan pembelian atas suatu barang dan mengingat kembali kepada konsumen bahwa produk tertentu masih ada di pasar.
Sarana yang digunakan :

* Periklanan
– Surat selebaran
– Papan iklan
– Media cetak ( Surat Kabar, Majalah, dll )
– Media Elektronik ( TV, Radio, Internet, dll )

* Promosi penjualan secara langsung oleh seseorang.
– Potongan harga
– Pameran
– Kontes

Kiat-kiat agar konsumen membuat keputusan untuk membeli :

Kemasan dibuat agar semenarik mungkin hingga mampu menyedot perhatian. Dalam waktu singkat pesan harus tersampaikan dan sekaligus menggoda emosi konsumen. Pesan-pesan dipahami & melekat erat pada memori konsumen.

Related posts

Leave a Comment

error: Maaf, Beberapa Konten Kami Proteksi.. Silahkan Pilih Contact atau Chat Kami Sekarang
WhatsApp chat