WARNA WARNI

Daftar Nama Pemilik Stasiun TV Indonesia

Perkembangan pertelevisian di Indonesia kini semakin dinamis, persaingan antar stasiun tv dalam memperebutkan hati para pemirsa tv pun makin ketat. Ini dia daftar beberapa pemilik stasiun tv di Indonesia, siapa sajakah mereka ?

 

1. Pemerintah Republik Indonesia – TVRI

Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah stasiun televisi pertama di Indonesia yang mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Siarannya ini masih berupa hitam putih.

 

2. Hary Tanoesoedibjo – RCTI, MNCTV, Global TV dan iNews TV

Lahir di Surabaya, 26 September 1965, Hary Tanoesoedibjo B.Com. MBA  atau Hary Tanoe adalah seorang pengusaha dan tokoh politik asal Indonesia. Hary adalah pemilik Stasiun TV RCTI, MNCTV, Global TV,  iNews TV & MNC Group. Di bidang politik, dia merupakan pendiri dan Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo). 

 

3. Eddy Kusnadi Sariaatmadja – Sctv dan Indosiar

Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah pemilik Stasiun TV SCTV dan Indonesiar. Eddy merupakan seorang pengusaha yang mempunyai rekam pendidikan yang tidak diragukan lagi.

Sempat lulus sarjana di salah satu Universitas Australia, hingga meraih gelar master di bidang Engineering Science. Membuat Eddy Kusnadi mempunyai banyak wawasan.

Selain memiliki dua saluran televisi swasta di Indonesia, beliau juga merupakan salah satu orang terkaya yang ada di Indonesia.

 

4. Surya Dharma Paloh – Metro TV

Surya Dharma Paloh atau yang sering disapa dengan Surya Paloh (lahir di Kutaraja, Banda Aceh, 16 Juli 1951) adalah pengusaha pers dan pimpinan Media Group yang memiliki harian Media Indonesia, Lampung Post, dan Pemilik stasiun televisi Metro TV.

Salah satu saluran televisi yang mengangkat tema pemberitaan tanah air maupun manca negara ini adalah milik dari seorang pengusaha dan politisi asal Banda Aceh, yakni Surya Paloh.

Keaktifan Surya Paloh dalam bidang politik bermula dari partai Golkar, hingga beliau memutuskan membuat partai politik sendiri. Yaitu partai yang kita kenal dengan sebutan partai Nasional Demokrat atau Nasdem.

 

5. Aburizal Bakrie – TvOne dan ANTV

Ir. H. Aburizal Bakrie, yang juga akrab dipanggil Bakrie, Ical, atau ARB (lahir di Jakarta, 15 November 1946; umur 71 tahun), adalah pemilik Stasiun TVOne dan ANTV.

 

6. Chairul Tanjung – Trans TV dan Trans 7

Chairul Tanjung MBA (lahir di Jakarta, 16 Juni 1962) adalah pengusaha sukses asal Indonesia, pemilik Stasiun TV Trans TV dan Trans7. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp.

Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources. Saat ini, Chairul Tanjung juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan.

Pariarti Shindutama
CT Corp
Para Rekan Investama
Sony Indonesia
AOC Indonesia
Putera Group
Yamaha Musik Indonesia.

Bahkan, Chairul Tanjung juga masuk di majalah Forbes sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

 

7. Jakob Oetama – Kompas TV

Dr (HC) Jakob Oetama (lahir di Borobudur, Magelang, 27 September 1931), adalah wartawan dan salah satu pendiri Surat Kabar Kompas dan pemilik Stasiun Kompas TV. Saat ini ia merupakan Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia. 

Jakob Oetama sekarang memiliki banyak jabatan, tidak hanya sebagai direktur Kelompok Kompas-Gramedia. Beliau juga merupakan pembina pengurus pusat Persatuan Wartawan Indonesia, serta Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN.

Tidak hanya itu beliau juga merupakan salah satu pendiri Jakarta Post dan harian nasional Indonesia dalam bahasa Inggris.

 

8. Wishnutama Kusubandio – NET.

Wishnutama Kusubandio (lahir 4 Mei 1976) adalah Pendiri Dan Pemilik Stasiun TV NET Mediatama Televisi. Sempat berkerja di berbagai saluran televisi, seperti indosiar, Trans TV, dan Trans 7 membuat Wishnutama Kusubandio tahu persis seluk beluk pertelevisian yang ada di Indonesia.

Mungkin faktor tersebut merupakan salah satu yang mendasari Wishutama untuk mendirikan saluran televisi bernama NET. yang mempunyai slogan “Televisi masa kini”.

Selain saluran televisi baru berdiri, NET. juga mengusung acara-acara televisi yang inspiratif, berkualitas dan pastinya berbeda.

 

9. Peter Sondakh – Rajawali TV / RTV

Peter Sondakh (lahir di tahun 1953) adalah Pemilik Stasiun RTV / Rajawali Televisi (atau sebelumnya bernama B-Channel). Melalui Rajawali Corporation, ia membangun kemitraan mengembangakan Hyatt Hotel dan Novotel Sheraton menjadi jaringan hotel bintang lima. Pada tahun 2009, perusahaan mengakuisisi jaringan hotel berbintang lima lain di luar Indonesia. Ini peluang besar dengan Surfers Paradise Resort Hotel Pty. lmtd dari Australia. Perusahaan tersebut merupakan jaring hotel di Australia yang baru-baru ini membangun St. Regis Resort di Bali.

Setelah kehilangan banyak uang dari transaksi properti, Sondakh menyadari bahwa sudah waktunya untuk memulai cara yang lebih diandalkan dari pendapatan. Dia memperluas bisnis ayahnya dan pada tahun 1984, perusahaan Rajawali Corporation adalah mitra bisnis pertamanya. Bersama-sama, mereka membangun Grand Hyatt di Jakarta.

Related posts

Leave a Comment

error: Maaf, Beberapa Konten Kami Proteksi.. Silahkan Pilih Contact atau Chat Kami Sekarang
WhatsApp chat